Piala Dunia 2018 – Real Madrid takluk saat bertandang ke Tottenham Hotspur. Hasil itu melanjutkan tren negatif Los Blancos usai sebelumnya kalah di La Liga.

Madrid kalah 1-3 saat bertandang ke Wembley di matchday 4 Liga Champions, Kamis (2/11/2017) dinihari WIB. Skuat besutan Zinedine Zidane itu bahkan kebobolan tiga gol lebih dulu sebelum akhirnya memperkecil ketertinggalan di penghujung laga.

Salah satu penyebab kekalahan itu diyakini adalah karena para pemain Madrid tak sepenuh hati menghadapi Spurs, yang minim pengalaman di kompetisi Eropa. Isu serupa menjadi persoalan ketika Madrid dikalahkan tim promosi, Girona, di liga akhir pekan kemarin.

Bek Madrid Nacho Fernandez menepis dugaan tersebut. Dia mengakui di laga melawan Girona, para pemain terlalu santai, tapi situasinya berbeda saat menghadapi Spurs.

Bukan juga soal komposisi pertahanan yang berubah. Madrid bermain dengan Achraf Hakimi dan Nacho yang menemani Sergio Ramos dan Marcelo di lini belakang karena cederanya Raphael Varane dan Dani Carvajal.

Nacho cuma menyebut, secara performa memang ada yang perlu ditingkatkan.

“Sikap kami bukanlah masalahnya, itu sejauh ini sudah sangat kuat. Memang memungkinkan bahwa kami terlalu relaks dalam kekalahan di Girona, tapi bukan itu persoalannya hari ini. Kebobolan tiga gol itu isu yang lainnya,” ungkap Nacho kepada Liputanbola.

“Kami cuma bisa membenahi situasi ini dengan kerja lebih keras. Kami adalah Real Madrid dan punya skuat bagus, tapi harus menunjukkannya di lapangan.”

“Apakah perubahan di pertahanan membuat kami terekspos? Tidak, tidak sama sekali. Bahkan kebalikannya. Masalahnya untuk kami adalah gol-gol tiba di tahap-tahap pertandingan di mana kami sedang tampil cukup baik dan itu sungguh memukul kami,” imbuhnya.