The Reds – Mohamed Salah punya kebiasaan bersujud usai mencetak gol. Selain itu, Salah juga ternyata punya kebiasaan berwudu sebelum bertanding.

Karier Salah memang melejit musim ini bersama The Reds. Dibeli dari AS Roma seharga 34 juta poundsterling, ia tampil di luar ekspektasi, dan mampu menjadi andalan utama tim dengan 43 gol yang telah dicetak sejauh musim ini.

Di samping hebat sebagai pesepakbola, Salah juga dikenal sebagai muslim yang taat. Hal itu tercermin di setiap matchday ketika dia selalu bersujud usai mencetak gol atau berdoa sebelum kick-off.

Hal ini lazim dilakukan Salah tapi lantas jadi sorotan serta omongan banyak orang menyusul performa hebatnya musim ini.

Seperti dilansir The Reds Echo, ternyata banyak orang yang menganggap selebrasi Salah itu adalah mencium rumput. Maka Salah pun coba menjelaskan maksud di balik selebrasi sujud itu.

“Bukan, itu bukan mencium rumput. Itu (sujud) seperti berdoa atau berterima kasih (bersyukur) kepada Tuhan atas apa yang saya dapatkan. Ya, itu adalah doa, doa untuk kemenangan,” kata Salah.

“Saya sudah melakukan hal tersebut sejak muda, dimanapun saya bermain,” lanjut pemain yang sempat berkostum The Blues itu.

Ada fakta menarik lain soal Salah di samping selebrasi sujud. Manajer The Reds Juergen Klopp juga mengaku Salah kerap berwudu sebelum matchday, seperti halnya kejadian umat muslim hendak menunaikan salat.

“Sangat fantastis memiliki Salah. Dia memang memiliki kebiasaan yang berbeda dengan pemain lain. Dia muslim dan melakukan hal yang biasa dilakukan muslim seperti proses mencuci (wudu) dan sebagainya,” tutur Klopp kepada Channel 4 News.

“Karena itu kami harus siap satu atau dua menit lebih awal di ruang ganti agar Salah siap untuk matchday. Sama seperti Sadio Mane dan Emre Can yang juga melakukan itu. Tidak ada yang mengeluhkan itu. Semua itu wajar di dunia sekarang ini dan Anda harus bisa menerima perbedaan satu sama lain.”

(mrp/raw)