Jakarta – Premier League 2017/2018 memasuki pekan pamungkas, sekaligus menghadirkan babak akhir persaingan Mohamed Salah vs Harry Kane jadi top skorer musim ini.

Dengan satu pekan tersisa, secara realistis tinggal Salah (The Reds) dan Kane (Tottenham Hotspur) yang masih berpeluang jadi pemain tersubur. Salah punya 31 gol, lebih banyak tiga saja dari Kane.

Menurut statistik Transfermarkt, ke-31 gol Salah dicetak dari 2.836 menit penampilannya bersama Liverpool. Pemain 25 tahun asal Mesir itu rata-rata membuat satu gol setiap 91 menit atau 0,89 gol per matchday.

Dari sumber yang sama, Kane tercatat membuat 28 gol dari 2.993 menit bermain dengan The Lily Whites. Pemain Inggris berusia 24 tahun itu rata-rata mencetak satu gol setiap 107 menit atau 0,78 gol per matchday.
Dalam tiga laga terakhir, Salah tak kuasa menjebol gawang rival (dua di Premier League, satu di Liga Champions). Padahal sebelum itu Salah membuat 11 gol dalam tujuh matchday berurutan di The Reds. Di periode ini Salah juga tak pernah absen bikin gol.

Sementara itu Kane membuat empat gol dalam tujuh laga terakhir di seluruh ajang bersama Spurs, setelah sempat melewati periode tiga laga tanpa gol. Salah satu gol Kane di periode ini juga memunculkan kontroversi, usai didapat dari hasil banding.

Pada akhir pekan, Salah akan berjuang menjaga diri di urutan teratas daftar pemain tersubur ketika The Reds menjamu Brighton. Di pertemuan pertama musim ini, The Reds unggul 5-1 di markas Brighton tapi Salah tak bikin gol.

Sedangkan peluang terakhir Kane menyalip Salah di daftar top skorer akan terjadi ketika Spurs menjamu Leicester City. Pada pertemuan sebelumnya, Spurs kalah 1-2 dari Leicester dan Kane memberikan gol tunggal kekalahan timnya.

(krs/cas)