Jakarta – Penampilan horor Loris Karius di final Liga Champions membuat The Reds makin intensif mencari penjaga gawang kontemporer di bursa transfer yang sebentar lagi buka. Liverpool memilih Gianluigi Donnarumma atau Alisson Becker.

Karius membuat dua blunder fatal kejadian The Reds tumbang 1-3 dari Real Madrid di final Liga Champions. Dua kesalahan yang dia lakukan berujung gol yang diciptakan Karim Benzema dan Gareth Bale.

Kritikan tajam berbarengan dengan dukungan datang untuk penjaga gawang Jerman berusia 24 tahun itu. Karius sendiri sudah meminta maaf atas kesalahan yang dia lakukan, yang berujung kekecewaan besar bagi Kopites di seluruh dunia.

Usai laga final di Kiev tersebut, The Reds dikabarkan makin intensif mencari penjaga gawang kontemporer untuk mengarungi musim 2018/2019. Soal pencarian penjaga gawang, Liverpool memang sudah melakukannya sejak beberapa waktu lalu.

Urutan kiper jadi yang paling rentan di skuat The Reds kini. Setelah Simon Mignolet kerap melakukan blunder, Karius sebenarnya mencuat jadi harapan kontemporer.

Dari 19 penampian di Premier League musim ini dia menuliskan 10 clean sheet. Dia rata-rata membuat 1,47 penyelamatan per matchday dan membuat rata-rata dua penyelamatan per kebobolan.

Dari daftar penjaga gawang yang masuk incaran The Reds, di urutan teratas ada Alisson Becker. Penjaga gawang AS Roma asal Brasil itu sudah lama dibidik The Reds. Namun I Lupi menolak melepasnya, Alisson sendiri menyatakan ingin bertahan di Roma lebih lama.

Berikutnya ada Donnarumma. Meski kontemporer musim panas lalu memperpanjang kontrak, penjaga gawang utama AC Milan itu punya peluang besar hengkang. Penjaga gawang belia itu punya hubungan yang tak baik dengan suporter Rossoneri, dan musim ini juga beberapa kali dikritik lantaran dianggap kerap melakukan kesalahan.

Nama terakhir yang muncul adalah Jan Oblak. Mirror menyebut The Reds bersedia menebus klausul pelepasan penjaga gawang asal Slovenia itu yang senilai 80 juta poundsterling. Tak murah, tapi Oblak sangat konsisten bersama Atletico Madrid dan mendatangkannya ke Anfield akan jadi investasi bagus untuk Liverpool.

(din/yna)