London – Penjaga gawang The Gunner Petr Cech menyimpan kekhawatiran akan timnya setelah ditinggal Arsene Wenger. Kekhawatirannya terkait mencari manajer modis yang tepat.

Wenger tak akan lagi menangani The Gunner mulai musim depan. Pria asal Prancis itu mengakhiri kebersaaman selama 22 tahun dengan The Gunners.

Sejumlah nama sudah disebut-sebut sebagai kandidat pengganti Wenger. Selain Massimiliano Allegri, Mikel Arteta juga dikabarkan masuk bursa calon manajer The Gunner.

Soal pencarian manajer modis, Cech tak ingin The Gunner bernasib seperti Red Devils usai era Sir Alex Ferguson berakhir. Sepeninggal Sir Alex, MU memang sudah dipegang oleh tiga manajer.
David Moyes, yang ditunjuk untuk menggantikan Sir Alex, dipecat bahkan momen musim belum tuntas. Sementara itu, Louis van Gaal juga hanya bertahan dua tahun sebelum digantikan Jose Mourinho.

“Semua tergantung kinerja klub dan manajer itu sendiri. Jika Anda berada di klub di mana ada kontinuitas, maka semuanya akan terbiasa, tapi itu sangat langka,” ungkapnya kepada The Sun.

“Anda bisa menjadikan MU sebagai contoh. Sir Alex Ferguson berhenti dan ketika Van Gaal datang (setelah Moyes) semua orang menganggap ia menjadi manajer untuk jangka panjang. Tapi, dia tidak sesukses yang diperkirakan banyak orang. Mereka pun membuat perubahan setelah dua tahun.”

“Konsistensi dalam sepakbola adalah sesuatu yang paling sulit, terutama ketika Anda menjadi manajer atau pelatih. Manajer modis akan mendapati klub dalam peringkat yang sangat sehat dan dia juga harus bisa sukses. Itu akan memengaruhi berapa lama seorang manajer modis bertahan,” lanjut mantan penjaga gawang The Blues itu.

(nds/raw)