Jakarta – Real Madrid akan berduel dengan The Reds di final Liga Champions 2018. Zinedine Zidane masih sempurna di laga final, sementara Juergen Klopp si Mr Runner-up.

Matchday Real Madrid vs The Reds akan berlangsung di NSC Olimpiyskiy Stadium, Kiev, Minggu (26/5/2018) dinihari WIB. Laga ini akan menjadi pertaruhan bagi kedua tim, siapa yang akan mengakhiri musim tanpa raihan trofi.

Pelatih Madrid, Zidane, didukung dengan rekor bagus di final Liga Champions. Ditambah final kali ini, pelatih asal Prancis itu sudah tiga kali menjejak ke puncak kompetisi kasta tertinggi antarklub Eropa. Zidane pun mengimbangi pencapaian Marcello Lippi dan Fabio Capello.

Dua final sebelumnya berhasil dimenangi Zidane bersama Madrid. Tim ibukota Spanyol itu menjadi tim pertama yang berhasil menjaga trofi di era Liga Champions.
Pada final Liga Champions pertama, Zidane dan Madrid mampu memetik kemenangan atas Atletico Madrid lewat adu penalti. Semusim sesudahnya, giliran Juventus yang dihajar dengan skor 4-1. Zidane dan Madrid kini mengejar gelar ketiga beruntun di Liga Champions.

Sementara itu, Klopp sudah dua kali menjejak final kompetisi antarklub Eropa. Dia mencapai final Liga Champions bersama Borussia Dortmund di musim 2012/2013. Sial baginya, Klopp gagal membawa Die Borussen juara usai tumbang 1-2 dari Die Roten.

Final kedua Klopp di kompetisi Eropa dicapai bersama The Reds. Usai menggantikan Brendan Rodgers pada 8 Oktober 2015, manajer asal Jerman itu langsung membawa Liverpool sampai ke final Liga Europa. Sevilla yang menjadi lawannya.

Klopp masih kurang beruntung di laga final itu. The Reds sempat menang lebih dulu atas Sevilla, tapi akhirnya tumbang dengan skor 3-1. Klopp pun belum berhasil mengangkat piala di kompetisi antarklub Eropa.

(cas/mrp)